mengenal anjing lebih jauh…

Penyakit pada anjing yang perlu anda ketahui

Posted on: Februari 13, 2009

Sebagai pemilik anjing tentunya anda sudah mengetahui bahwa anda harus sudah melakukan vaksinasi pada Anjing peliharaan anda, seperti vaksinasi rabies pada anjing sebelum anjing berumur lebih dari 5 bulan, namun hal ini belum cukup mengingat menjaga kesehatan anjing sangatlah penting untuk menghindari anjing peliharaan terjangkit penyakit-penyakit lainnya.

Ada beberapa penyakit pada anjing atau dapat terjangkit pada anjing pelihaaraan anda, oleh karena itu anda harus mengetahui beberapa penyakit yang sering dialami anjing peliharaan, antara lain seperti :

Rabies
Rabies atau sering juga disebut penyakit anjing gila adalah jenis penyakit berbahaya bagi anjing dan juga bagi manusia yang tergigit oleh anjing.
Penyakit rabies ini dapat dibagi menjadi 3 golongan:

Stadium Melancholium, anjing lebih sering kehilangan selera minum dan makan serta dapat mengakibatkan anjing terlihat gelisah.

Stadium Exitatie, prilaku anjing dapat berubah dalam beberapa hari setelah terjangkit, anjing biasanya akan suka menggigit apa saja dan kemudian berlari-larian.

Stadium Paraltycum yang dalam waktu seminggu dapat membuat anjing menjadi lumpuh dan mati.

Canine Distemper
Cara penularan penyakit ini dapat melalui sentuhan dan udara, dan menyerang anjing pada usia muda dan anjing-anjing yang memiliki daya tahan tubuh yang rendah, anjing memiliki angka kematian yang besar pada penyakit ini yaitu mencapai 85% penderita.

fb46860

Anjing yang telah terjangkit biasanya dimulai dengan gejala seperti tidak nafsu makan, keluar cairan ingus, gelisah, demam, mencret, radang paru-paru dan batuk. Kadang ditemukan bintik-bintik merah pada kulit anjing dan dapat mengakibatkan kelumpuhan pada anjing.

Parvo virus
Hanya 10% anjing yang menderita penyakit ini yang mampu bertahan hidup, penyakit ini menyebar melalui udara dan sentuhan.
Penyakit ini menyerang bagian pencernaan yaitu anjing akan mengalami diare dan muntah dan Anjing akan kehilangan banyak cairan , muntah darah.

Leptospirosis
Penyakit ini biasanya terbawa oleh kuman melalui kencing tikus, infeksi penyakit ini tidak bisa dianggap ringan dan perlu mendapatkan perhatian khusus.

Gejalanya adalah dimulai dari demam, kurang energik atau lamban tidak bersemangat serta sakit pada otot-otot dan disertai lagi dengan diare.

fb46860

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: